Meminta Maaf itu Wajib tapi Menyesal itu Larangan

Meminta maaf dan menyesal bisa dikatakan satu paket. Seseorang meminta maaf biasanya karena menyesal. Akan tetapi kalau sudah dimaafkan dan masih menyesal tanpa henti, itu akan membebani batin orang yang bersalah. Apa kamu salah satu orang yang masih menyesal meskipun sudah di maafkan? Atau kamu memiliki orang dekat seperti ini? Lanjut baca artikel ini ya. “Meminta Maaf itu Wajib tapi Menyesal itu Larangan”

[IklanGA1]Menyesal adalah hal yang wajar ketika kita melakukan kesalahan dan menyadarinya. Ketika melakukan kesalahan, malah ngga wajar kalau ngga merasa menyesal. Tapi kalau misalnya kamu sudah minta maaf dan bertanggung jawab atas semua kesalahanmu dan masih menyesal, ini ngga wajar. Baca deh alasan-alasan di bawah ini kenapa kamu tidak perlu menyesal lagi.

1. Manusia biasa, tidak sempurna

Kata maaf itu udah ada dari jaman dulu. Kenapa? itu karena manusia itu memang pada dasarnya tidak sempurna. Kadang-kadang tidak sengaja melakukan kesalahan. Kesempurnaan hanya milik Tuhan, jadi ente jangan sesumbar harus menjadi selalu sempurna tanpa cela. Tidak ada manusia tanpa cela, tidak ada gading yang tak retak.

2. Tidak semua hal bisa diperbaiki

[IklanGA1]Sekali lagi, manusia punya keterbatasan. Manusia bisa saja mencoba segala yang bisa dilakukan untuk menebus kesalahannya. Tapi pada akhirnya ada hal-hal yang tidak bisa diperbaiki. Jadi, kalau sudah begini relakan saja. Yang bisa kamu lakukan adalah meminta maaf dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika kamu sudah berusaha, tidak ada alasan untuk menyesal.

3. Menyesal adalah emosi negatif

Meminta maaf adalah hal positif yang membuktikan kalau kamu adalah orang yang berbesar hati. Beda halnya dengan menyesal, menyesal adalah tanda kalau kamu ngga bisa move on dari masa lalu. Ini adalah emosi negatif yang membuatmu melakukan lebih banyak kesalahan di masa depan. Kalau ada yang tanya kenapa bisa begitu? Ini karena ketika kamu merasa menyesal akan masa lalu kamu akan merasa tidak yang bisa kamu lakukan dengan benar. Kamu harus menghadapi masa kini tapi pikiran dan konsentrasimu masih tertinggal di masa lalu. Jika masih ada penyesalan di hatimu, kamu tidak akan optimal dalam menghadapi masa kini dan mempersiapkan masa depan. Yang terjadi berikutnya adalah kamu akan menambah penyesalan-penyesalan baru.

4. Tuhan akan memperbaikinya

[IklanGA1]Ketika sekarang ada kesalahan yang sulit untuk tidak disesali. Berdoalah pada Tuhan agar diberikan kekuatan sehingga di masa depan masalah tersebut bisa diperbaiki atau diberi gantinya. Janganlah lupa, jika manusia melakukan kesalahan, pasti ada waktu dimana kamu harus menderita untuk memperbaikinya. Tunggu saja saat itu. tidak perlu menghukum diri sendiri karena mnusia tidak berhak menghukum siapapun termasuk dirinya sendiri.

Itu dia alasan kenapa meminta maaf itu wajib tapi menyesal itu larangan.

Bookmark and Share

Leave a Reply